Selasa, 30 Oktober 2012

Kumpulan Add-on Wajib Bagi Pengguna Mozilla Firefox [Update]


Firefox saat ini sudah menjadi favorit para pengguna internet di seluruh dunia. Saya salah seorang yang fanatik dengan browser yang satu ini. Kenapa? Mozilla Firefox membuat browser berfungsi tidak hanya sekedar untuk browsing internet, namun bisa lebih jauh dari itu. Berikut saya membagikan informasi tentang beberapa add-ons dari Mozilla Firefox yang saya yakin akan sangat berguna untuk pengguna browser pada umumnya.

Sebelumnya pastikan dulu browser Mozilla Firefox kamu adalah versi terbaru, cek di http://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/. Nah, setelah itu silakan Anda install add-on pilihan di bawah ini.
  • Adblock Plus
Adblock plus adalah suatu plugin firefox berfungsi untuk memblokir iklan-iklan yang muncul di website yang kita kunjungi. Tak hanya itu, adblock plus juga mampu untuk memblokir objek-objek tertentu yang ada di suatu website antara lain: script, frame, image, CSS, dan lain-lain. Artinya itu akan mempercepat dan menghemat browsing Anda.
Cara untuk mengeset iklan mana saja yang akan diblokade adalah klik kanan pada objek iklan tersebut, pilih adBlock this image/frame.


  • GreaseMonkey

Sudahkah Anda mengenal atau menggunakan Greasemonkey? Greasemonkey adalah sebuah add-on bagi Firefox (dan produk lain Mozilla, sama seperti themes) yang mengaplikasikan sebuah script (tepatnya javascript) ke sebuah web yang anda kunjungi, mulai dari mengubah warna, tema, tulisan bahkan melakukan aksi otomatis seperti login dan download.
Download GreaseMonkey

Untuk scriptnya bisa Anda cari di http://userscripts.org/ sesuai kebutuhan.
  • All-in-One Sidebar
The All-in-One Sidebar (AiOS) bisa menampilkan  panel sidebar yang memunculkan kotak windwos seperti: downloads, extensions, addons, kode sumber sebuah website di sidebar.
  • SeoQuake
SeoQuake membantu optimasi blog anda di mesin pencari. Dengan add-ons ini, anda bisa melihat setiap situs dengan data seperti: Google PageRank, jumlah halaman diindeks Google, Alexa Rank, informasi WhoIs dan banyak info SEO lainnya. Anda tak perlu repot lagi memeriksa PR sebuah blog dengan membuka Google PR dulu, memasukkan alamat URL dan kode sekuriti.  Begitu anda membuka sebuah situs atau blog, data itu sudah otomatis ada di hadapan anda di bagian atas browser.
  • Persona Firefox
Persona kalau menurut saya itu seperti baju untuk browser firefox, kalau sudah bosan ya diganti, supaya Firefox kita lebih menarik, dan browsing menjadi menyenangkan.
  • ColorZilla
Permainan warna menjadi salah satu hal penting dalam membuat ataupun mengedit sebuah template, ColorZilla merupakan salah satu add-ons mozilla yang dapat memudahkan kita untuk mengetahui kode warna pada sebuah tampilan web. Kita cukup mengarahkan cursor ke sebuah objek ataupun text untuk mengetahui kode warna yang digunakan. Add-on ini sangat cocok untuk Blogger.
  • MeasureIt
MaesureIt berfungsi untuk mengukur tinggi dan lebar sebuah objek, dengan menggunakan add-ons ini kita dapat dengan mudah mengetahui ukuran sebuah objek seperti sidebar, footer, content, gambar dan sebagainya. Add-on ini juga cocok untuk Blogger.
  • OmniBar
Baris URL Anda bisa berfungsi ganda sebagai kotak pencarian Google. Dengan demikian, kotak Google Search dapat dihilangkan dan baris alamat menjadi lebih panjang (seperti pada Google Chrome).
  • Download Statusbar
Biasanya apabila kita mendownload sesuatu, pasti akan selalu muncul pop-up window, beberapa dari kita biasanya tidak nyaman dengan hal ini. Maka dengan menginstall addon Download Statusbar, status download akan ditampilkan di bawah browser, tidak lagi menampilkan pop-up window yang mengganggu.
  • SkipScreen
SkipScreen mempermudah kita untuk mendownload file dari Rapidshare, zShare, Mediafire, dan masih banyak lagi. Kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu download link (jika menggunakan regular/free download), SkipScreen akan melakukannya untuk Anda. Add-on ini sangat cocok untuk downloader sejati.
  • SuperStart
SuperStart adalah sebuah add-on untuk mempermudah anda mengunjungi situs yang Anda inginkan, sama seperti bookmark, namun lebih cantik secara visual dan bisa dijadikan homepage. Anda juga bisa mengganti temanya sesuai keinginan.
  • Facebook Phising Protector
Add-on ini sangat bagus bagi para pengguna Facebook yang ceroboh. Jika Anda membuka website/halaman yang menyerupai Facebook (namun bukan Facebook), maka add-on ini akan memberi peringatan kepada Anda.
  • anonymoX
Banyak situs di Internet yang di blokir, add-on ini adalah salah satu solusinya. anonymoX bisa mengganti IP Anda dan browsing secara anonymous (anonim). Jangan disalahgunakan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Unduh Adobe Flash player